Halaman

Sabtu, 19 Januari 2013

CARA MENGHEMAT BATERAI ANDROID

CARA MENGHEMAT BATERAI ANDROID


  Bagi para pengguna smartphone pasti sering kali merasakan ini saat menggunakan smartphone saat berpergian. karna pada dasar nya smartphone memang di ciptakan untuk memudahkan kita untuk mengakses internet pada Handphone yang berspesifikasi tinggi. tapi kalau menggunakan sinyal untuk internet secara terus menerus pasti akan memakan daya baterai yang cukup besar.
   Maka dari itu saya memberikan beberapa tips untuk menghemat baterai pada smartphone, pada hal ini adalah tips menghemat baterai di samrtphone Android, Check this out Android Lovers :)


1. Matikan Sinyal Radio


   Kadang-kadang di daerah tertentu, smartphone bisa kehilangan sinyal yang di karenakan menara BTS atau menara pemberi sinyal jauh dari tempat kita berada. nah, jika kita ada dalam keadaan seperti ini besar kemungkinan kita tidak akan menggunakan internet, sms, ataupun telepon yang mengharuskan ada nya sinyal.
   Di saat inilah jika kita ingin menghemat baterai smartphone kita dengan cara meng-nonaktifkan sinyal di smartphone kita. setingan nya pun dapat kita temukan di bagian setting > Mobile Network > hilang kan checklist untuk penggunaan sinyal.


2. Airplane Mode / Modus Terbang


  Selain mematikan sinyal seperti di atas untuk menghemat baterai, kita juga dapat meng-nonakifkan penerimaan sinyal di smartphone kita dengan mudah, yaitu dengan air plane mode. mode ini juga dapat di temukan di bagian setting >> Mobile Network.
   Sifat dari airplane mode sama seperti mematikan sinyal, tapi dengan opsi mode ini, secara langsung kita mematikan semua koneksi wireless yang ada di smartphone kita selain sinyal dari operator, yaitu bluetooth, wifi, dan DLNA.


3. Matikan fitur Getar (Vibrate)


  Fitur notifikasi ini sering kita gunakan di saat smartphone dalam keadaan mode Silent, atau mode tanpa suara. mode ini biasa di paka saat kita berada di kampus, di kantor, atau pun saat keadaan yang tidak memungkin kan untuk ada nya suara.
  Tapi sebenar nya sistem notifikasi ini adalah yang paling mengkonsumsi daya baterai di bandingkan dengan notifikasi suara atau ringtone. jadi, jika kita tidak sedang berada di acara resmi, di kampus, atau pun di kantor,, matikan saja fitur getar agar baterai dapat tahan lebih lama.


4. Tutup aplikasi yang tidak di butuhkan

  Saat kita menggunakan aplikasi sosial seperti Facebook, twitter, whatsapp, Instagram dll. secara bersamaan, sebenarnya aplikasi-aplikasi tersebut masi berjalan di background sistem yang membuat smartphone kita akan terasa lagging atau melambat. walaupun kita sudah tak memakai aplikasi nya lagi.
   jadi jika kita sudah tidak kita gunakan lagi, sebaik nya kita menutup aplikasi2 yang sudah kita pakai itu agar menghemat baterai dan tidak akan lag lagi. tutup aplikasi yang sudah tidak kita pakai dengan menggunakan task manager dengan cara pilih bagian memory RAM, selanjut klik piihan "Clear Memory". lakukan hingga muncul tulisan "0 aplication clossed", yang artinya berarti tidak ada lagi aplikasi yag berjalan di sistem Android.

5. Atur kecerahan layar

   Tingkat kecerahan pada layar juga sangat memakan daya baterai Android kita. jika kecerahan layar di Smartphone kita setting pada tingkat kecerahan penuh, daya tahan baterai mungkin hanya bisa bertahan sampai 5 jam saja. dan juga terkadang ada fitur auto brithness yang menggunakan sensor cahaya di smarthpone untuk mengatur tingkat kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di tempat kita berada.
  Untuk menghemat baterai, baik nya kita mematikan setting Auto Brithness dan mengatur sendiri tingkat kecerahan layar smrtphone kita. tapi jika dalam keadaan batrerai yang sisa nya tinggal sedikit lagi, kita ba mengatur kecarahan layar pada titik paling rendah. walaupun paling rendah, kebanyakn smartphone android layar nya masi dapat kita lihat walau pun menjadi kurang terang.


1 komentar:

  1. Terimakasih untuk tipsnya buat menghemat baterai android. Mungkin tutor lain tentang android bisa diulas lagi

    BalasHapus